Senin, 18 Juni 2012

FASHION JURNALISTIK BY ARBAIN RAMBEY, SAAT KLINIK FOTOGRAFI UMHT 2012


Memotret fashion yang paling penting manusianya, tidak mungkin baju digantung kita potret , dan manakala kita memotret baju yang menempel di model tidak mungkin kita memotret bajuanya saja.
Bagaimana manusia memeragakan baju dipanggung dan kelemahan-kelamahannya khususnya yang terjadi di indonesia.
Memotret manusia,
Filosofi dasar memotret manusia, secantik-cantiknya model punya kekurangan, intinya dari memotret model angkat kelebihanya membuang  kekurangannya.
Beberapa hal yang penting diperhatikan dalam memotret model ;
  1. 1.       Ekspresi,
Ekspresi atau akting si model sangat penting, sebagus-bagusnya fashion atau pakaian yang dia gunakan tanpa akting dan memiliki ekspresi yang jelek maka foto akan menjadi jelek atau aneh. Sehingga ekspresi itu menjadi sangat penting dalam sebuah foto model dan fashion.
  1. 2.       Gestur
Dalam memahami gestur seorang fotografer harus memiliki memori yang banyak dan contoh-contoh yang banyak, juga harus tahu dan mempertimbangkan umur, untuk satu buah gaya gestur tidak elok digunakan untuk semua umur. Tentunya umur 17-20 berbeda dengan 40-50 tahunan. Contoh majalah gadis pasti akan memiliki gaya berbeda dengan majalah femina, seorang fotografer harus juga memiliki banyak template soal gestur sehingga waktu tidak terbuang untuk berfikir dilapangan.
  1. 3.       Lighting
Lampu atau cahaya, ini juga faktor penting, jika kita memotret model di luar hati-hati dengan pencahayaan, perhatikan arah cahaya matahari, fahami karakter foto seperti apa yang ingin kita tampilkan.
  1. 4.       Harmoni dengan yang lainnya
Dalam dunia fashion fotografer harus faham betul kondisi tempat, ruangan, jadi hati-hati dalam menempatkan model, pilih sebuah ruang, tempat yang harmoni dengan fashion yang digunakan. Usahakan jangan sampai tidak pas atau tidak harmoni dengan fashion si model.
4 Elemen Penting Dalam Fotografi
  1. 1.       Pencahayaan dan Teknis
Pencahayaan dalam dunia fotografi adalah sangat penting. Seorang fotografer harus faham betul dalam melihat pencahayaan dan harus menguasai teknik pemotretan yang baik. Sebagai seorang fotografer tidak harus atau merasa canggih saat dirinya menggunakan mode manual, menggunakan auto juga itu baik apalagi untuk sebuah momen yang cepat.
  1. 2.       Komposisi
Sebuah foto bisa akan bisa terlihat lebih bagus karena komposisi, seorang fotografer harus kreatif dalam mengatur sebuah komposisi, akan menjadi beda saat satu objek yang sama dengan sudut pengambilan dan komposisi yang berbeda.
  1. 3.       Sudut Pemotretan
Sudut pemotretan atau angle, didalam pemotretan model perlu memperhatikan seorang model, jika ia memiliki kaki yang pendek maka sebaiknya ambil foto dari bawah, usahakan maksimalkan sudut pengambilan gambar dari sudut yang terlihat bagus, indah.
  1. 4.       Momen
Sebuah momen adalah sangat penting, jika anda seorang fotografer model contohnya saat melakukan peragaan busana, harus tahu betul kapan momen untuk mengambil sebuat gerakan, jika anda seorang fotografer jurnalistik momen adalah sebuah kejadian yang terjadi sekali dan tidak dapat diulang lagi. Sehingga anda harus tau persis kapan momen bagus itu akan terjadi.
Sebuah foto hasil dari melihat foto orang lain,  hasil sbeuah foto dari meniru, meniru dan meniru, makanya jika anda ingin menjadi fotografer fashion miliki templae sebanyak-banyaknya, jangan takut disebut peniru, dan didunia fotografi itu sah. Rekomendasi jika anda suka memotret model atau fashion sebaiknya simpan sebanyak-banyaknya contoh-contoh foto sehingga saat anda bekerja anda tinggal melihat template yang sudah ada. Dan itu akan sangat membantu anda dalam melakukan pekerjaan.
Tulisan diatas adalah ringkasan hasil dari seminar Klinik Fotografi Fashion Jurnalistik 2012 yang diselenggarakan oleh UMHT Fotografi.
Tulisan ini disusun oleh Yono Maulana. @2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar